6 Kali Dentuman Meriam, Tandai Pembukaan Pameran Teknologi Maritim

Drum band dari Akademi Angkatan Laut Genderang Suling Gita Jala Taruna turut memeriahkan Hari Pendidikan Angkatan Laut ke-64. (Foto: detikFoto/Dispenal)

11 Mei 2010, Surabaya -- Peringatan Hari pendidikan TNI Al ke 64 tahun 2010 kali ini ada yang berbeda dari peringatan sebelumnya. Ya, karena tahun ini digelar pameran teknologi maritim dari 13 universitas top dan 10 perusahaan dibidang industri jasa maritim yang dibuka Wakasal Laksdya TNI Soeparno dan diwarnai 6 kali dentuman Meriam, Rabu (12/5).

ITB, ITS, UI, Unair, Unibra, Unsud, Undip, STTAL, Unjoyo, UHT dan lainnya adalah universitas yang turut serta membuka gerai di pameran tersebut. Pameran tersebut digelar di halaman luar Gedung Moeljadi dan Gedung RE. Mertadinata, Komando Pengmbangan dan Pendidikan Angkatan laut (Kobangdikal). Pemukulan gong oleh Wakasal dan dentuman meriam menjadi tanda pameran yang berlangsung satu hari tersebut dibuka.

”Bulan Mei bisa dibilang sebagai bulannya pendidikan. Selain Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang iperingati setiap tanggal 2 Mei, bagi TNI AL, bulan Mei ini pun di jadikan sebagai tonggak kebagkitan pendidikan Matra Laut yang mengambil filosofis kelahiran Sekolah Angkatan Laut (SAL) di Kota Tegal, Jateng 64 tahun silam,” terang orang nomor dua TNI AL ini sambil menambahkan pada peringatan ini sangat wajar bila didiringi dengan pameran hasil karya anak bangsa, terutama para pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

Kini setelah 64 tahun berlalu, wajah pendidikan TNI AL telah menunjukan banyak kemajuan dalam mencetak prajurit matra laut yang memiliki moral luhur, profesioanl dan berani. Untuk lebih meningkatkan kualitas anak didik, TNI AL kini telah memiliki tiga Komando Utama (Kotama) fusngsional pendidikan, yakni Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal) yang berlokasi di Bimimoro, Surabaya serta Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal) yang berlokasi di Cipulir, Jakarta.

Peringatan Hardikal yang seakan telah menjadi langganan Kobangdikal sebagai tempat penyelenggaraanya, akan di helat di Lapangan Moeljadi dan dilangsungkan secara sederhana. Upacara militer yang melibatkan enam batalyon atau 1.620 personel ini, selain diisi dengan parade dan defile, peringatan kali ini akan diwarnai penampilan GS Taruna AAL, simphoni, pameran teknologi kelautan (13 Universitas, 10 Perusahaan bidang maritim, AAL dan Kobangdikal) dan penyerahan hadiah Lomba Karya Cipta Telnologi Maritim (LKCTM).

LKCTM diikuti oleh 113 peserta dari umum dan unuversitas seluruh indonesia. Juri LKCTM terdiri dari Prof. Dr. Sunartoto, M.Eng dari LIPI, Daniel M, Rassyid, Ph.D dari ITS , Kolonel laut (E) Dr. Ir Supartono, M.M dari STTAL dan Kolonel Laut (KH) Ir. Pudji Santoso ,M.M dari Dephan. Dalam LKCTM kali ini ada 3 kategori yang diperlombakan yaitu kategori SMU/Sederajat, Mahasiswa dan umum/profesional.

Dengan tema peringatan ”Melalui Hari Pendidikan TNI AL ke-64 dan dilandasi semangat baru TNI AL, lembaga pendidikan siap mendukung terwujudnya TNI AL yang kuat dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia”. Dalam hajat pendidikannya TNI AL itu, akan dihadiri pula pejabat teras TNI lainnya seperti Dakobangdikal Laksda TNI Sumartono, Pangarmabar Laksda TNI Marsetio, Pangarmatim Laksda TNI Among Margono, Gubernur AAL Laksda TNI Bambang Suwarto, Danseskoal Laksda TNI Didik Setiadi, Pangkolinlamil Laksda TNI Selamat Yulistiono, Dankormar Mayjen TNI (Mar) M. Alvan Baharuddin, para pejabat teras Mabesal, Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, serta undangan sipil dan militer lainnnya.


Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Soeparno menyaksikan salah satu hasil peserta Karya Cipta Maritim. (Foto: detikFoto/Dispenal)

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Soeparno saat meninjau pameran Karya Cipta Maritim di Kobangdikal. (Foto: detikFoto/Dispenal)

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Suparno menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang lomba Karya Cipta Maritim sebagai salah satu perlombaan menyambut hari Pendidikan Angkatan Laut. (Foto: detikFoto/Dispenal)

Kobangdikal

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan komentar pajak ditanggung pemilik blog ^-^

----------------------

Support Palestine