Peluncuran Roket Uji Muatan

Peluncuran Roket Uji Muatan


Peluncuran Roket Uji Muatan (RUM) Video pada tanggal 2 Juli 2008 di Lounching Pad Pameungpeuk Garut, merupakan hasil kerjasama antara Bidang Bangtekja Pusbangja dan Bidang Inwagan Pusterapan LAPAN. RUM dikembangkan oleh Bidang Inwagan Pusterapan, sedang muatan kamera video serta sistem penerimanya dikembangkan oleh Bidang Bangtekja Pusbangja LAPAN. Pada saat yang bersamaan juga diluncurkan 17 roket besar dan kecil lainnya termasuk RUM bermuatan GPS dan spanduk.



Spesifikasi RUM adalah, panjang 1145 mm, diameter 76 mm, berat 4.5 Kg dan berat propelan 1 Kg, kemampuan mengangkut muatan hingga 2.5 Kg dengan ketinggian jelajah hingga 1 Km.



Kamera video (mini CCTV) kembangan oleh Bidang Bangtekja LAPAN pada Nose cone RUM menghadap ke bawah kearah motor roket, serta yang dihubungan ke transmiter dengan power dari baterre mini (lithium 7.2 volt, 2000mAH). Berat total muatan kamera tersebut adalah 750g dan muatan tersebut dihubungankan dengan sistem separasi parasut pada RUM tersebut. Data dari RUM ditransmisikan ke Antena Receiver 2.4 MHz secara realtime dan direkam mulai dari awal peluncuran hingga akhir setelah Nose cone RUM dijatuhkan menggunakan parasut.

Hasil Pengembangan Roket Video

Peluncuran RUM Video 2 Juli 2008 di Garut

Sistem Akuisisi Data (Antena Receiver Video 2.4GHz, Perekam DVR & TV Monitor)


Salah contoh hasil peliputan daerah pertanian dari onboard kamera pada RUM

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar pajak ditanggung pemilik blog ^-^

----------------------

Support Palestine