Inspeksi Laut Jelang Sertijab Pangarmatim

Inspeksi Laut Jelang Sertijab Pangarmatim

SURABAYA - Panglima Komando Armada RI Kawasn Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek S (kiri) didampingi calon penggatinya, Laksamana Muda TNI Among Margono, memberikan penghormatan saat inspeksi laut (Admiral Inspection) diatas KRI Weling-822, di Dermaga Ujung, Koarmatim Surabaya, Rabu (24/2). Jabatan Pangarmatim akan diserahterimakan dari pejabat lama ke pejabat baru pada hari Senin, 2 Maret 2010 mendatang yang dipimpin KSAL, Laksmana TNI Agus Suhartono. FOTO ANTARA/Bhakti Pundhowo/nz/10

Inspeksi Laut Jelang Sertijab PangarmatimSurabaya, 24 Februari 2010 Menjelang serah terima jabatan (sertijab) Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) dari Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek Surarto kepada penggantinya Laksamana Muda TNI Among Margono, SE, Koarmatim menggelar admiral inspection (inspeksi laut) di sekitar Perairan Koarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu (24/2).

Admiral Inspection merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur Koarmatim untuk yang terakhir kalinya, sebelum tongkat estafet kepemimpinan Koarmatim diserahterimakan.

Tradisi ini biasanya digelar menjelang pergantian jabatan Kepala Staf TNI AL (Kasal) maupun pada saat pergantian Panglima Komando Armada RI.

Kegiatan tersebut, selain sebagai ajang salam perpisahan dengan para prajuritnya, juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan panglima yang baru.

Dalam Inspeksi Laut itu, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek Surarto didampingi calon penggantinya Laksamana Muda TNI Among Margono, SE, serta para pejabat teras Koarmatim dengan menggunakan KRI Weling-822 dikomandani oleh Kapten Laut (P) Nurozi, S.Dibelakang kapal, dikawal dua kendaraan tempur air “Sea Rider” dari Satuan Pasukan Katak Koarmatim.

Inspeksi Laut Jelang Sertijab PangarmatimInspeksi laut diawali dengan berlayarnya KRI Weling-822 dari Dermaga ‘A’, kemudian bergerak ke arah selatan dengan menginspeksi jajaran KRI dari berbagai jenis yang tengah sandar di dermaga-dermaga Koarmatim, kemudian berputar menuju unsur-unsur KRI yang sandar di Dermaga Penjelajah serta dilanjutkan hingga Dermaga Semampir dan berakhir merapat di Dermaga Madura Koarmatim.

Gelar unsur yang turut dalam Inspeksi Laut kali ini melibatkan sekitar 2.500 orang prajurit ABK kapal perang dari berbagai tipe dan jenis yang tengah berada di Pangkalan Koarmatim.

Saat KRI Weling-822 yang ditumpangi Pangarmatim dan penggantinya melewati setiap kapal perang, terdengar bunyi pluit diiringi dengan penghormatan para ABK yang melakukan penghormatan lambung dengan berbaris di reling kapal sambil serentak meneriakkan ’Jalesveva Jayamahe’ secara berulang-ulang.

Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek Surarto dengan didampingi calon Pangarmatim Laksda TNI Among Margono, SE dalam amanatnya yang dipancarkan diatas KRI Weling keseluruh jajaran prajurit dan unsur Koarmatim baik yang berada di Mako Koarmatim maupun yang sedang berlayar mengatakan, bahwa selaku Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur merasa bangga dan terharu seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Inspeksi Laut Jelang Sertijab Pangarmatim“Saya menyaksikan bagaimana prajurit - prajurit Koarmatim sebagai benteng pertahanan pengawal Samudera Nusantara benar-benar siap siaga, tegar dan dapat dibanggakan. Semua itu tercermin dari keberhasilan saudara di dalam mengemban dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

Untuk itu pada kesempatan ini, saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala karya nyata dan pengabdian yang tulus dalam menjalankan amanah bangsa dan negara,”kata Pangarmatim Pelaksanaan serahterima Jabatan Pangarmatim menurut rencana akan dilaksanakan di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya pada tanggal 1 Maret 2010.

Serahterima jabatan akan digabung dengan tiga jabatan strategis lainnya dilingkungan TNI AL, masing-masing Komandan Seskoal dari Laksda TNI Among Margono, SE kepada Laksda TNI Didi Setiadi, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) dari Laksda TNI Didi Setiadi kepada Laksma TNI Bambang Suwarto dan Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) dari Laksma TNI Rudi Hendro Satmoko kepada Laksma TNI Halomoan Sipahutar, M.SC. Kepala Dinas Penerangan Koarmatim Letkol Laut Toni Syaiful.



Dispen Armatim

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar pajak ditanggung pemilik blog ^-^

----------------------

Support Palestine