Salah Satu Kapal Selam Indonesia



Kapal Selam Indonesia (KRI Nanggala - 402)

Persenjataan :
Torpedo AEG SUT Mod 0 : 14 pucuk, berpeluncur 8 tabung 21 inci (533 mm), 
jangkauan tembak 28 km (15 mil laut) pada kecepatan 23 knots, 
atau 12 km (6,5 mil laut) pada kecepatan 35 knots, berhulu ledak 250 kg, 
berkemampuan anti kapal selam dan anti kapal permukaan (dual purpose).

Rabu, 19-05-2009

Kanal : Opini 

Sayangnya waktu itu, tidak ada KRI Diponegoro, dan kapal selam yang dimiliki TNI AL. Mudah-mudahan lain kali kita bisa berkunjung lagi dan melihat-lihat kapal selam TNI AL. Pastinya asyik tuh. Bisa lebih mengenal cara hidup awak kapal, jangan cuma pernah lihat di film donk yach. Siapa tahu Wikimu ngadain acara jalan-jalan ke musem kapal? Sepertinya sich mesti bisa.

Yang di Surabaya sebagai museum adalah eks KRI Pasopati. Kapal selam ini buatan Uni Sovyet tahun 1952. Monkasel (Monumen Kapal Selam) ini diletakkan di dekat Plaza Surabaya jalan Pemuda. Sebelumnya Indonesia memiliki 12 kapal dari kelas Tjakra buatan Uni Soviet (di USSR Kapal selam ini masuk kelas Whiskey) yang sudah discrap tahun 70-an.

Dalam catatan ada 2 kapal selam yang dimiliki TNI AL, dan ke-2-nya masih aktif bertugas. KRI Cakra 401 merupakan kapal selam pertama yang dimiliki TNI AL dan KRI Nanggala dari kelas Cakra. KRI Cakra dibuat di galangan kapal Howaldtswerke, Kiel, Jerman pada 1981. KRI Cakra (401) bersama dengan KRI Nanggala (402). Kapal selam ini sudah diretrovit kembali kemampuannya di galangan kapal Daewoo Korea Selatan.

Kapal Selam bermesin diesel elektrik ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 21.5 knot dalam air dan 8 knot saat berlayar di permukaan. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan persenjataan advanced torpedo semacam torpedo SUT (Surface and Undersurface Torpedo) yang dapat dikendalikan dari kapal selam melalui kabel serat, torpedo konvensional hingga peluru kendali anti kapal permukaan. Kedua kapal selam ini ditempatkan di Armada Timur yang berpusat di Surabaya.

sumber : www.wikimu.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar pajak ditanggung pemilik blog ^-^

----------------------

Support Palestine