TNI Tingkatkan Penjagaan Tiga Pulau Terluar Sumatera

Pulau NipahKomando Daerah Militer I Bukit Barisan (Kodam I/BB) meningkatkan pengamanan terhadap tiga pulau terluar Sumatera yakni Pulau Nipa, Pulau Sekatung, dan Pulau Berhala.

Panglima Kodam I/BB, Bigadir Jenderal TNI, Leo Sigers, Senin (26/7) mengatakan, bentuk pengamanan tersebut dengan menempatkan sedikitnya 34 prajurit TNI baik dari Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Marinir yang dipersenjatai lengkap.

Ketiga pulau terluar tersebut kata Sigers, merupakan wilayah strategis, karena berada dijalur Selat Malaka dan perairan internasional, sehingga menjadi ancaman jika sampai diambil oleh negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, atau Australia.

“Negara luar sangat berminat dengan ketiga pulau kita ini. Jadi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kita tempatkan prajurit di sana, ” jelasnya.

Selain menempatkan prajurit, sebuah tugu dan prasasti juga dipasang, sebagai bukti bahwa pulau itu milik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sigers menambahkan prajurit TNI juga melakukan pelestarian lingkungan di tiga pulau tersebut. Salah satu yang dilakukan dengan mengembangbiakkan anak penyu asal dari Australia dan Singapura di Pulau Berhala.

“Kita mengembangbiakkan anak penyu agar bisa menjadi obyek wisata. Setiap malamnya ada tiga induk yang bertelur. Jumlahnya sampai 120 butir, ” katanya.

Jurnas

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar pajak ditanggung pemilik blog ^-^

----------------------

Support Palestine